Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Episode 3: Mengapa Bisa Terjadi Kekerasan Seksual di Pesantren?
Speak The Unspoken / 02 Feb 2023

Salah satu berita yang cukup menghebohkan media sosial di tahun 2021 adalah maraknya kasus kekerasan seksual di lingkungan pondok pesantren. Menurut data Komnas Perempuan, selama tahun 2015-2020, kasus kekerasan seksual di Pondok pesantren menempati posisi tertinggi kedua setelah kekerasan seksual dini perguruan tinggi.

Viralnya kasus kekerasan seksual terhadap santriwati di salah satu pesantren di wilayah Jawa yang sedang menjadi sorotan saat ini hanyalah salah satu dari sekian kasus kekerasan seksual yang mengantri untuk direspon dan dikawal.

Seyogyanya, pesantren mengemban mandat untuk memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua, serta mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan yang merupakan tujuan ke-4 dan ke-5 dari SDGs. Pondok pesantren juga seharusnya mengemban dua tugas penting yaitu sebagai institusi pendidikan dan institusi agama. Di dalamnya terdapat praktik transfer pengetahuan yang saat ini konon sudah mengalami modernisasi pengajaran Pendidikan Islam.

Untuk itu, kali ini kita akan berbincang lebih mendalam tentang faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kekerasan seksual di lingkungan pendidikan berbasis agama terutama di pondok pesantren. Bagaimana kiat-kiat pencegahannya dan cara mengatasi trauma bagi korban kekerasan seksual tersebut? kita akan berbincang bersama narasumber:

  • Kyai Marzuki Wahid - Anggota Majelis Musyawarah Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI)

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement