Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Episode 2: Apa yang Bisa dilakukan Media dalam Kampanye Pencegahan Kekerasan Seksual?
Speak The Unspoken / 31 Jan 2023

Melansir data dari Komnas Perempuan, selama kurun waktu 10 tahun, 2021 tercatat sebagai tahun dengan jumlah kasus Kekerasan Berbasis Gender (KBG) tertinggi, yakni meningkat 50% dibanding tahun 2020, sebanyak 300 ribu lebih kasus. Angka ini bahkan lebih tinggi dari angka KBG sebelum masa pandemi di tahun 2019.

Jika melihat dari kasus yang dilaporkan, beberapa kasus kekerasan seksual terjadi di lingkungan tempat tinggal bahkan tempat-tempat yang seharusnya kita jadikan sebagai tempat berlindung.

Upaya pencegahan kekerasan seksual sudah banyak dilakukan oleh berbagai pihak, media massa memiliki peran yang sangat penting dalam menyebarkan informasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan kekerasan seksual, serta bagaimana terhindar dari kekerasan seksual, media massa juga harus memastikan bahwa informasi yang disampaikan benar-benar akurat dan dapat dipercaya sesuai koridor-koridor yang harus diperhatikan dalam memberitakan kasus kekerasan seksual untuk melindungi korban. Kita akan berbincang lebih mendalam tentang peran media massa di dalam Kampanye Pencegahan Kekerasan Seksual. Bagaimana media menjadi corong untuk menyebarluaskan kampanye ini dan seperti apa tantangannya? kita akan berbincang bersama narasumber:

  • Evi Mariani - Direktur Eksekutif Project Multatuli

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement