Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Menyoal "Panti Jompo bukan Budaya Indonesia" dan Isu Kesejahteraan Lansia
Ruang Publik / 14 Jun 2024

Pernyataan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang tidak setuju orang usia lanjut atau lansia tinggal di panti jompo menuai perdebatan. Risma mengatakan panti jompo tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Ia khawatir adanya panti jompo justru menjadi alasan pembenar anak untuk menolak merawat lansia di keluarganya.

Padahal persoalan lansia tidak hanya soal siapa yang merawat mereka. Menurut catatan LBH APIK seperti dikutip dari Konde.co, lansia mengalami banyak persoalan. Antara lain hidup sendiri, tidak punya asuransi dan mengalami kerentanan ekonomi. Temuan LBH APIK juga mengungkap para Lansia mendapatkan kekerasan psikis, fisik, ekonomi dan kekerasan seksual.

Di sisi lain, kita sudah punya UU No 13/ 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia yang saat ini sedang dalam proses revisi di DPR. Revisi UU ini tentunya mendesak diperlukan agar pemerintah dan pemangku kepentingan lain bisa segera menyusun prioritas perlindungan sosial lansia secara menyeluruh.

Seperti apa revisi UU Kesejahteraan Lansia yang mewakili suara lansia itu sendiri? Apa dampaknya bila masalah kesejahteraan lansia ini tidak mendapat perhatian serius? Kita bincangkan bersama Direktur Indonesia Ramah Lansia DKI Jakarta Tri Suratmi dan Yuphita Nofihantiwi, Perwakilan dari Elderly Rights, Advocacy and Treatments (ERAT) Indonesia.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar ()

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement