Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Menanti Kiprah Starlink di Indonesia
Ruang Publik / 12 Jun 2024

Masuknya layanan sistem internet berbasis satelit, Starlink, ke pasar retail Indonesia disambut pro dan kontra. Bisnis internet berbasis satelit milik konglomerat Elon Musk ini mengandalkan konstelasi ribuan satelit kecil berorbit rendah untuk mengirim data dengan kecepatan tinggi.

Starlink dianggap sebagai solusi penyediaan layanan internet bagi daerah-daerah yang belum terjangkau kabel optik seperti daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) Indonesia.

Di sisi lain, kehadiran Starlink dikhawatirkan akan memicu persaingan tidak sehat di antara para penyedia layanan internet di dalam negeri. Bahkan ada isu masalah keamanan negara yang dikaitkan dengan kehadiran Starlink di Indonesia.

Bagaimana mengoptimalkan manfaat Starlink dan meminimalkan dampak negatifnya? Regulasi seperti apa yang mesti dibuat? Kita bincangkan bersama Praktisi Teknologi Informasi Onno W. Purbo dan Pakar Keamanan Data Pribadi dan Executive Director Siber Sehat Indonesia Ibnu Dwi Cahyo.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar ()

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement