Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Warganet Komplain Ditolak Bayar Pakai Cash karena QRIS
Whats Trending / 15 Okt 2024

Belakangan warga media sosial mengungkap keluhannya soal uang kertas yang kerap ditolak sebagai alat pembayaran. Alih-alih menggunakan tunai, kini sebagian pedagang lebih memilih pembayaran lewat Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS.

Jadi saat ini QRIS bisa digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS. Merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin BI​. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun bank mana pun.

Nominal Transaksi QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp10.0​00.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah) per transaksi.

Nah per Juli 2024, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, transaksi QRIS tumbuh 226,54 persen secara year on year (yoy), dengan jumlah pengguna mencapai 50,50 juta dan jumlah merchant 32,71 juta.

Beberapa keunggulan QRIS ketimbang metode pembayaran lainnya adalah bisa menerima pembayaran dari aplikasi apapun yang menggunakan QR Code. QRIS juga mudah, 1 akun bisa untuk semua pembayaran QR Code, dan langsung diproses.

Buat merchant, QRIS mampu meningkatkan branding, kekinian, lebih praktis, menghindari uang palsu, tidak perlu menyediakan uang kembalian, transaksi tercatat otomatis, dan memudahkan memperoleh kredit.

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement