Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Jelang Ganti Presiden
Whats Trending / 18 Okt 2024

Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka besok Minggu, 20 Oktober 2024 secara resmi akan dilantik menggantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin.

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengungkap, pelantikan Prabowo-Gibran lusa bakal digelar di gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI di Senayan, Jakarta Pusat.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2024 oleh KPU, pasangan Prabowo-Gibran unggul di 36 provinsi dengan total suara nasional sebesar 58 persen.

Mahkamah Konstitusi sebelumnya telah menolak permohonan gugatan sengketa Pilpres 2024 pasangan capres-cawapres Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Md. Keputusan MK final dan mengikat.

Para kandidat Pilpres 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, bakalan diundang oleh MPR RI untuk menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga memastikan Presiden Joko Widodo akan hadir dalam acara pelantikan tersebut. Setelah acara pelantikan, Mensesneg juga menyebut akan ada acara pisah sambut di Istana Merdeka (Ismer). Kata dia, acara pisah sambut ini merupakan tradisi saat pergantian pemimpin negara.

Jelang pelantikan, pekan ini Prabowo gencar memanggil beberapa tokoh mulai dari

baik dari partai politik, pengusaha, kalangan profesional, atlet, ulama, artis serta menteri dari kabinet Presiden Joko Widodo.

Para tokoh ini dipanggil ke kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta, yang disinyalir akan membantunya sebagai menteri, wakil menteri ataupun kepala badan atau lembaga negara. Pertemuan dua hari itu menjadi sorotan masyarakat yang kemudian disebut-sebut sebagai “Soft Launching” kabinet.

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement