Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Selektif Memilih Babysitter
Whats Trending / 17 Okt 2024

Belakangan viral kasus seorang babysitter atau pengasuh anak yang memberikan obat-obatan keras di media sosial. Peran pengasuh anak yang seharusnya menjaga anak saat orang tua sibuk bekerja, malah membahayakan kesehatan anak. Padahal usia anak di Surabaya itu baru 2 tahun.

Pemberian obat-obatan keras itu dilakukan tanpa sepengetahuan orang tua. Kasus ini terungkap setelah orang tua curiga dengan kondisi anaknya yang mengalami pembengkakan, sampai-sampai harus dilarikan ke rumah sakit.

Menindaklanjuti kasus tersebut, orang tua korban melaporkan ke polisi dan babysitter tersebut ditetapkan sebagai tersangka.

Berdasarkan hasil penyelidikan, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim Farman mengungkap, obat racikan farmasi yang diberikan itu, dibeli dari marketplace. Tersangka mengaku, memberikan obat untuk menambah nafsu makan.

Obat yang diberikan kepada korban adalah obat jenis deksametason dan pronicy. Melansir laman Alodokter dari Kementerian Kesehatan, dexamethasone adalah obat yang digunakan untuk meredakan peradangan pada beberapa kondisi, seperti reaksi alergi, penyakit autoimun, atau radang sendi.

Sedangkan obat pronicy untuk mengatasi gejala alergi, seperti gatal, ruam, biduran, dan peradangan. Kedua obat ini tergolong obat keras, yang harus dibawah pengawasan dokter.

Nah berkaca pada kasus ini kita mau bahas bagaimana cara memilih babysitter, supaya anak-anak dirumah tetap aman sementara orang tua bisa nyaman bekerja.

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement