Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Menguatkan Pangan Lokal Bekal Hadapi Ancaman Krisis Pangan
Ruang Publik / 17 Okt 2024

Kesadaran akan pentingnya mengembangkan pangan lokal terus tumbuh di tengah masyarakat. Ini karena manfaat baik dari pangan lokal terus disuarakan dan dibuktikan dengan berbagai penelitian dan kerja nyata masyarakat di lapangan.

Pentingnya keberadaan pangan lokal ini diperkuat dengan beleid yang dikeluarkan pemerintah yaitu Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2024. Beleid ini mengatur penganekaragaman pangan berbasis potensi sumber daya lokal. Ini bisa menjadi panduan untuk menyusun strategi pengembangan pangan lokal.

Ada banyak penelitian mengungkap kelebihan pangan lokal dari aspek nutrisi dan sosial ekonomi. Selain itu yang tak kalah penting, makanan lokal ternyata sangat baik bagi lingkungan, terutama dalam hal ini menyangkut upaya mitigasi perubahan iklim.

Karena itu KBR mengambil peran promosi dan edukasi pangan lokal lewat Podcast Planet Plate. Di podcast ini, bisa mendengarkan bagaimana masakan tercipta dari satu pangan lokal dan seperti apa cerita di balik bahan pangan lokal tersebut.

Seperti apa tantangan pengembangan pangan lokal? Strategi seperti apa yang harus dibuat pemerintah agar pangan lokal makin diterima luas masyarakat? Bila pangan lokal makin kuat apa kontribusinya pada ketahanan pangan negara?

Kita bincangkan bersama Co-founder dan Campaign Director WeSpeakUp.org, Dhenok Pratiwi dan Produser Podcast Planet Plate Malika serta Rinna Syawal, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasional.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement