Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Food Estate Kembali ke Merauke, Kisah Lama Bakal Berulang?
Ruang Publik / 16 Okt 2024

Rencana presiden terpilih Prabowo Subianto untuk membuka kembali proyek food estate atau lumbung pangan di Merauke, Papua, terus menguat. Rencana ini sebelumnya disampaikan oleh anggota TKN Prabowo-Gibran yang juga ekonom senior INDEF Drajad Wibowo. Prabowo disebut ingin mengalihkan program food estate dari Kalimantan ke Merauke, karena menghadapi sejumlah persoalan.

Pekan lalu, Wakil Menteri Pertahanan Herindra ke Merauke bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk meninjau lokasi pengembangan food estate. Rencana Prabowo ini memunculkan banyak pertanyaan. Pasalnya, Merauke pernah dijadikan proyek lumbung pangan di era Presiden SBY pada 2010, dengan nama Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE). Proyek itu gagal dan malah membawa banyak dampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat Papua.

Berkaca pada fakta itu, tepatkah membuka kembali proyek food estate di Merauke? Apa saja dampak proyek lumbung pangan di era SBY yang harus ditanggung warga Papua? Dampak buruk apalagi yang berpotensi muncul jika proyek ini dilanjutkan? Kita bincangkan bersama Mufida dari FIAN Indonesia dan Ekonom dan Pakar Kebijakan Publik UPN Veteran Jakarta, Achmad Nur Hidayat.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement