Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
BBM Ramah Lingkungan, Apakah Ramah Kantong?

Bahan bakar minyak ramah lingkungan merupakan bahan bakar yang dihasilkan dari sumber-sumber terbarukan atau terdeposisi, seperti biomassa, dan memiliki emisi yang lebih rendah daripada bahan bakar minyak fossil seperti bensin dan solar. Beberapa jenis BBM ramah lingkungan yang populer meliputi biodiesel, bioetanol, dan biogas.

Biodiesel terbuat dari minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak jagung, dan minyak kedelai, sementara bioetanol terbuat dari bahan-bahan seperti tebu dan gandum. Biogas dihasilkan dari pengomposan sampah organik dan dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk bahan bakar minyak fossil. BBM ramah lingkungan ini dianggap ramah lingkungan karena memiliki emisi yang lebih rendah daripada bahan bakar minyak fosil, serta dapat mengurangi dependensi terhadap sumber daya alam yang terbatas seperti minyak bumi. 

Namun, apakah BBM ramah lingkungan lebih ramah kantong untuk masyarakat di Indonesia? Kami berbincang tentang hal ini bersama:

  • Tulus Abadi - Ketua YLKI
  • Abra Talattov - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)


*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement