Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Ancaman Megathrust Menghantui, Kita Bisa Apa?
Whats Trending / 28 Agu 2024

Belakangan informasi soal ancaman gempa megathrust yang mengintai wilayah Republik Indonesia ramai di media sosial. Beberapa netizen +62 bahkan sampai mengungkapkan kekhawatirannya.

Menanggapi kecemasan publik, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan. Megathrust Selat Sunda dan Mentawai-Siberut, bukanlah bahasan baru alias sudah lama, bahkan sebelum terjadi Gempa dan Tsunami Aceh 2004.

Terkait rilis gempa di Selat Sunda dan Mentawai-Siberut "tinggal menunggu waktu", pihak BMKG buka suara. Rilis ini dibuat karena kedua wilayah tersebut sudah ratusan tahun belum terjadi gempa besar, tetapi bukan berarti segera akan terjadi gempa dalam waktu dekat.

Dikatakan "tinggal menunggu waktu" disebabkan karena segmen-segmen sumber gempa di sekitarnya sudah rilis gempa besar semua, sementara Selat Sunda dan Mentawai-Siberut hingga saat ini belum terjadi.

Soal waktu kapan gempa itu bisa terjadi, sampai saat ini belum ada pengetahuan, teknologi yang tepat dan akurat bisa memprediksi kapan gempa terjadi. Baik kapan, dimana maupun berapa kekuatannya.

Lantas, ada ga sih yang bisa kita persiapkan untuk menghadapi ancaman gempa megathrust?

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement