Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Setelah Jamaah Islamiyah Bubar
Ruang Publik / 18 Jul 2024

Sebanyak 16 anggota senior Jamaah Islamiyah (JI) menyatakan pembubaran JI dan kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pernyataan pembubaran JI dilakukan pada 30 Juni 2024 di Bogor, Jawa Barat yang videonya beredar di publik. Ini mengakhiri sepak terjang JI di Indonesia selama lebih dari tiga dekade.

JI dikenal sebagai kelompok ekstremis yang mengedepankan kekerasan dan teror, serta terafiliasi dengan Al Qaeda. Tokoh pendirinya di Indonesia adalah Abdullah Sungkar dan Abu Bakar Baasyir. JI disebut bertanggung jawab atas rentetan bom natal pada 2000, bom Bali 2002, dan sejumlah aksi teror lain.

Pascabubar, bekas anggota JI akan dibina oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), melalui Paguyuban Anti Teror Indonesia (PATI). Ini adalah upaya deradikalisasi melalui pemberian wawasan kebangsaan, keagamaan, hingga keterampilan wirausaha.

Apakah langkah tersebut cukup untuk mendorong mereka meninggalkan ideologi kekerasan? Terlebih, dalam video itu tidak ada pernyataan penyesalan dari para eks pentolan JI tentang aksi-aksi teror yang selama ini mereka lakukan. Bagaimana dengan potensi munculnya kelompok-kelompok sempalan? Apa saja yang harus dilakukan pemerintah untuk menjamin rasa aman masyarakat dari ancaman terorisme?

Kita bincangkan hal ini bersama Ketua Program Studi Kajian Terorisme SKSG UI Muhammad Syauqillah dan Visiting Fellow RSIS dan Pendiri Media ruangobrol.id Noor Huda Ismail.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement