Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Saatnya Tagih Janji Prabowo Perkuat UMKM
Ruang Publik / 21 Okt 2024

UMKM selalu disebut-sebut sebagai tulang punggung ekonomi nasional oleh para politisi di panggung kampanye. Tak salah memang, karena UMKM menyerap 90 persen tenaga kerja dan menyumbang 60 persen ke Produk Domestik Bruto (PDB).

Kontribusinya yang besar membuat para calon pemimpin senantiasa mengangkat isu UMKM di tiap kontestasi elektoral. Bertaburlah janji-janji manis demi menunjukkan keberpihakan kepada UMKM. Namun, ketika pesta usai, usai pula perhatian untuk UMKM.

Sudah berulang kali berganti pemimpin, nasib UMKM tak banyak berubah, masih saja dianaktirikan. Selama 10 tahun pemerintahan Jokowi pun, UMKM tak kunjung naik kelas, meski rentetan program, bantuan, dan insentif digulirkan. UMKM malah dihadapkan pada banjir barang impor baik di lapak online maupun offline. Ini makin diperberat dengan situasi ekonomi yang melambat.

Bagaimana dengan pemimpin baru, Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang kemarin dilantik? dalam Asta Cita maupun pernyataan-pernyataan saat kampanye, Prabowo-Gibran berjanji memberi perhatian khusus pada UMKM. Kini, tibalah saatnya bagi para pelaku UMKM untuk menagih janji itu.

Bagaimana aspirasi para pelaku UMKM terhadap kepemimpinan baru? Terobosan apa saja yang mereka harapkan? Kita bincangkan bersama Ketua Umum Akumandiri, Hermawati Setyorini dan Founder UKMIndonesia.id Dewi Meisari Haryanti.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement