Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Pangan Lokal, Krisis Iklim dan Gizi
Ruang Publik / 24 Jan 2024

Indonesia punya 77 jenis pangan sumber karbohidrat dan 6 jenis pangan di antaranya merupakan sumber pangan pengganti beras. Keenam jenis pangan tersebut diantaranya singkong, jagung, pisang, talas, kentang, dan sagu.

Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional, pemerintah melalui Kementerian Pertanian menyelenggarakan Gerakan Diversifikasi Pangan, yaitu mengubah pola konsumsi masyarakat agar tidak tergantung pada satu komoditas saja dan mampu memanfaatkan pangan lokal, sesuai dengan UU Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan mendefinisikan pangan lokal sebagai pangan yang dikonsumsi masyarakat setempat sesuai potensi dan kearifan lokal.

Dalam konteks krisis iklim, bagaimana pangan lokal dapat membantu mengurangi dampak lingkungan yang terkait dengan produksi pangan? Seperti apa tantangannya?

Kita bincangkan hal ini bersama dua narasumber yang telah bergabung di Ruang Publik KBR pagi ini. Ada Widya Hasian Situmeang, Pengerak Pangan KRKP dan Yohanes Kada Boli Watukolah (Karli) Local Champion Pangan Baik Desa Kawalelo.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

advertisementadvertisement