Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Menyoal Maraknya Plagiarisme di Kampus
Ruang Publik / 19 Jun 2024

Masalah di pendidikan tinggi kita tampaknya belum usai setelah ramai soal kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berakhir ditunda penerapannya. Kali ini ramai soal plagiarisme skripsi.

Awal Juni lalu ramai di media sosial X cuitan Naomi SIBUK THESIS @wahkerensih yang mengatakan skripsinya di Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (Unsri) diplagiat oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP). Kampus UM Palembang pun menjatuhkan sanksi berupa pembatalan wisuda dan memberikan skors selama satu semester kepada mahasiswa yang melakukan plagiat tersebut.

Sayangnya ini bukan kali pertama terungkap ada praktik plagiarisme di kampus. Pelakunya pun tidak hanya mahasiswa tapi juga dosen bahkan rektor.

Tahun lalu, ada dugaan plagiarisme tesis yang dilakukan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Di tahun itu juga, Profesor bidang Antropologi Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNY Suwardi Endraswara membuat surat pengakuan yang diunggah di media sosial bahwa dirinya telah mengutip isi artikel karya M. Mushthafa tanpa mencantumkan sumber untuk bukunya.

Mengapa plagiarisme sulit dihapuskan? Apa dampak praktik plagiarisme pada dunia pendidikan tinggi kita? Kita bincangkan hal ini bersama Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang (UNNES) Edi Subkhan dan Koordinator Kaukus Indonesia untuk Kebebasan Akademik (KIKA), Satria Unggul, W.P.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar ()

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement