Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Orientasi Program HIV bagi Pekerja dan Penyuluh Sosial di Sentra Rehabilitasi Sosial
Ruang Publik / 29 Agu 2024

Saudara, permasalahan HIV tidak hanya dari aspek kesehatan saja, tetapi akibat dari itu menimbulkan berbagai dampak lain termasuk permasalahan sosial bagi orang dengan HIV (atau ODHIV), di mana kendala sosial tersebut, seperti permasalah individu, permasalahan di pekerjaan, di keluarga, di komitas, dapat menyebabkan terganggunya proses pengobatan, yang menyebabkan ODHIV tersebut menjadi tidak mau lagi menjalani proses pengobatan ARV.

Dalam menjawab tantangan tersebut, Kemensos RI memberikan layanan kepada ODHIV yang memiliki permasalahan sosial melalui Pusat Rehabilitasi Sosial Kemensos atau yang biasa kita sebut Sentra. Di mana sebelumnya terdapat 3 Sentra yang menjadi pusat rujukan layanan permasalahan sosial yaitu Sentra Bahagia Medan, Sentra Kahuripan Sukabumi dan Sentra Wasana Bahagia Ternate. Dan untuk sekarang, pelayanan HIV diperluas ke semua Sentra yang ada di Indonesia berdasarkan Permensos No. 7 tahun 2021 tentang ATENSI. Jadi semua sentra Kemensos wajib memberikan semua pelayanan sosial termasuk pelayanan sosial kepada orang dengan HIV atau ODHIV.

Di sini kita melihat beberapa tantangan di mana sentra yang sebelumnya memiliki spesialisasi penanganan permasalah sosial lain seperti spesialisasi permasalah sosial pada tunanetra, atau tunarungu, atau ODGJ misalnya, harus dapat memberikan pelayan sosial juga kepada ODHIV. Untuk memecahkan permasalahan ini, AHF sebagai mitra Kemensos mencoba untuk men-support Sentra dalam memperkuat pengetahuan petugas di Sentra mengenai HIV dan penangannnya melalui orientasi HIV, dengan tujuan untuk mengoptimalkan pelayanan sosial bagi ODHIV di Sentra.

Kita bincangkan hal ini bersama dengan Heru Adriansyah - AHF Physician dan Bapak Darmanto - Kepala Sentra Satria Baturaden.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement