Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Dukung dan Beli Produk UMKM, #mulaidarilokal
Ruang Publik / 26 Jan 2024

Di Indonesia, usaha mikro dan kecil memiliki peran yang penting dalam mendukung perekonomian dan menciptakan lapangan kerja. Beberapa jenis usaha mikro dan kecil yang umum di Indonesia melibatkan berbagai sektor, termasuk perdagangan, jasa, pertanian, industri kreatif, dan lainnya. Indonesia memiliki mayoritas usaha atau industri skala mikro-kecil (IMK) Indonesia bergerak di sektor makanan yang menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai 1,51 juta unit usaha pada tahun 2020. sebagian besar UKM sektor makanan ini dikelola oleh Perempuan, angkanya mencapai 37 juta atau 64,5 persen.

Fenomena perubahan iklim yang terjadi di Indonesia memiliki dampak untuk usaha kecil mikro. Berdasarkan laporan Pusat krisis Kemenkes RI, selama bulan Juli - November 2023 terjadi bencana kekeringan serempak dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, NTB, NTT, hingga Papua. Para pengusaha kecil-mikro perlu dibekali pengetahuan yang tepat untuk menghadapi situasi ini. Lalu, seperti apa kiat pelaku usaha kecil-mikro dalam mempertahankan dan memajukan bisnisnya dalam kondisi ini? Apa tantangannya?

Kita bincangkan hal ini bersama dua narasumber yang telah bergabung di Ruang Publik KBR pagi ini. Yohana, Project Manager The Collaborative ASPPUK-Oxfam di Indonesia dan Ibu Hajar, Pemilik Produk SAGUMI, Kendari.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

advertisementadvertisement