Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Pakai Private Jet, KPK Menanti Klarifikasi Kaesang
Whats Trending / 02 Sep 2024

Putra bungsung Presiden Joko Widodo, sekaligus adik dari Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep hendak dimintai klarifikasi soal penggunaan private jet untuk perjalanan ke Amerika Serikat.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono menjadi perbincangan publik lantaran pergi ke Amerika menggunakan pesawat yang diduga jenis Gulfstream G650. Pesawat ini terkadang jadi pilihan masyarakat kelompok ekonomi atas untuk bepergian dengan biaya sewa mencapai ratusan juta per jam.

Merespon hal ini, relawan Jokowi angkat bicara membela Kaesang. Ketua Relawan Solidaritas Merah Putih, Silfester Matutina mengatakan pilihan Kaesang memakai jet pribadi dalam perjalanan tersebut bukanlah menjadi suatu masalah.

Hal ini dikarenakan perjalanan itu tidak memakai anggaran negara. Silfester Matutina mempersilahkan jika ada pihak yang ingin melaporkan perjalanan Kaesang dan Erina ke aparat penegak hukum.

Isu ini kemudian mendapat perhatian Komisi Pemberantasan Korupsi. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengeklaim telah memerintahkan tim untuk meminta klarifikasi dan mengusut tindakan anak bungsu Presiden Jokowi tersebut.

Namun selang sehari setelahnya, Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto mengatakan Kaesang tak punya kewajiban melapor dugaan gratifikasi yang diterimanya. Tessa beralasan, Kaesang bukanlah penyelenggara negara. Ia memakai UU 30 Tahun 2002 tentang KPK Pasal 16, yang menyebut bahwa kewajiban melapor gratifikasi, dibebankan kepada pegawai negeri dan penyelenggara negara.

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement