Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Kuota Pemain Asing Liga 1 Ditambah, “Ini Sepak Bola Indonesia?"
Whats Trending / 11 Jun 2024

Sepakbola Indonesia lagi-lagi jadi sorotan warga +62 nih...

Bukan karena prestasinya, tapi soal postingan foto di Instagram berlatar belakang hitam bertuliskan IniSepakbolaIndonesia?

Makin heboh, karena konten itu ramai-ramai diposting oleh pemain sepakbola Indonesia. Ada Alfeandra Dewangga, Andritany Ardhiyasa, Bagas Kaffa, sampai Septian David Maulana. Menyala banget ya…

Ada yang nulis di postingan, kata-katanya gini “pertanyaan untuk kita semua, apakah ini kompetisi sepakbola Indonesia?”

Netizen +62 langsung mengaitkan aksi tersebut dengan penambahan kuota 8 pemain asing di Liga 1. Rencananya PSSI dan PT Liga Indonesia Baru akan memberlakukan perubahan itu musim depan.

Kalau di musim ini kan, tiap klub hanya boleh mengontrak maksimal enam pemain asing.

Mereka yang keberatan beralasan, kebijakan itu bisa mempersempit kesempatan pemain lokal merumput di Liga 1.

Tapi ada juga nih yang ngasih applause. Misalnya, Zulkifli Syukur, pemain Arema yang pernah masuk skuad timnas. Kapten Borneo FC, Diego Michiels pun ngedukung kuota pemain asing ditambah.

Pemain hasil naturalisasi dari Belanda ini mengunggah postingan yang sama tetapi caption-nya berisi dukungan. Diego menuliskan juga permintaan maaf ke rekan-rekannya sesama pemain sepakbola, karena beda pendapat.

Ia beralasan, tambahan kuota asing bakal meningkatkan kualitas Liga dan kualitas pemain. Selain itu, mental klub pun bakal terdongkrak.

Soal hal ini yuk kita obrolin aja bareng pengamat sepak bola Indonesia, Labieb Sadat.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

advertisementadvertisement