Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Cuan ala KPopers: dari Hobi Jadi Duit
Uang Bicara / 15 Apr 2021

Korean Pop alias KPop mendunia banget ya. Penggemarnya tuh tersebar di mancanegara, termasuk Indonesia. Udah gak bisa dibantah kalau industri KPop jadi pasar menggiurkan buat nyerok cuan. Peluang itu yang ditangkap KPopers, Cantika Clarinta dan Rini Mustika, untuk mendulang untung dari hobi. Simak yuk cerita mereka.

==

Host:
Annyeonghaseyo yorobun.. Jo neun Reski Messanto imnia. Mannaso banggapseumnida. Eh kok jadi pake bahasa Korea? Iya dong, karena hari ini gue mau ngajak lo untuk bahas soal K-Pop di Uang Bicara. Gue yakin lo udah pada tau sama yang namanya Super Junior, BTS, Blackpink, atau lo udah cukup akrab dengan Nam Do San yang ada di Start Up. Nah bener, itu adalah salah satu contoh drama Korea yang lagi happening belakangan. Ada lagi mungkin yang udah cukup terkenal kayak Winter Sonata, Crash Landing On You, pokoknya banyak. Kayaknya emang ya lagi in banget sama yang namanya drama Korea. Happening banget. Memang sekarang jadi banyak orang yang terkena hallyu atau gelombang Korea. Dan demam ini juga kerasa sama temen-temen kantor gue dan orang-orang yang ada di rumah gue. Gue perhatiin mereka suka mantengin streaming apps pas pandemi, apalagi pas awal Covid dulu. Gak bisa kemana-mana jadi ujungnya streaming terus-terusan.

Nah,sebenernya hallyu ini dimulai pertengahan 90an tapi baru sampe ke Indonesia sekitar tahun 2002-an setelah drama Winter Sonata tayang di salah satu TV swasta. Terus di tahun 2009 lagu Sorry Sorry milik Super Junior juga meledak di pasaran membuat Korea Selatan makin dikenal.

Kalau gue baca dari situs berita K-Pop Soompi, penjualan produk hallyu kayak KPop, KDrama, KFood dll mencapai nilai 52,5 miliyar won atau Rp670an miliyar. Nah, pemburu cuan di Indonesia juga gak mau ketinggalan momen hallyu ini. Dan banyak juga yang awalnya dari hobi. Gak percaya? Kita bahas aja deh di Uang Bicara.

SMASH


Host:
Nah, gw ketemu sama dua fangirl atau fans KPop yang ngejadiin hobinya sebagai bisnis. Yang pertama, namanya Cantika Clarinta atau dikenal dengan @spesdelune di Twitter. Dia suka KPop dari 2011. Dan kata dia, di tahun segitu fans K-Pop masih dikit banget.

Canti
: Aku pertama suka KPop itu 2PM itu sampai sekarang aku akan ngikutin terus itu karena mereka lagi wamil aja,

Hime
: Aku tuh baru into Korea itu 2011 pas lulus sekolah, aku kebagian ngurusin projeknya si kimchi. Jadi kantorku kayak bikin undian terus 5 orang itu menang dapet tiket konser ini. Dari situ emang dasarnya udah suka, terus dapet kesempatan ngurus dan kebagian dapet jatah tiket nonton jadi aku makinlah membucin,

Host
: Yang barusan itu Rini Mustika aka Hime pemilik akun @candyxtuftdi Twitter juga. Dia beruntung ya.. bisa ketemu Oppa saat kerja… pasti yang cewek-cewek pada ngiri ya? Karena kebucinannya ini dia malah tertarik buka jasa titip tiket konser. Debut perdananya tuh pas konser pertama Super Junior di Meis Jakarta 2012.

Hime
: Kayak pas dulu pertama Suju Super Show itu aku open jastip tiket konser mereka seramai itu dan se-chaos itu di Twin Plaza Slipi. Dan yang jastip di aku itu sampai 20 orang. Aku sampai nginep di Twin. Bukan nginep buka room ya. Mereka kan di hall, ya udah kita ngemper tidur itu aku sama sepupuku 2 orang cowok. Karena kenapa? karena aku pegang duit hampir 20 juta waktu itu, buat beli tiket sebanyak itu,

Host
: Mantep banget emang Hime, totalitas banget. Kalau Canti beda usaha, karena Canti jago gambar, dia jualan stiker. Bukan sembarang stiker tapi dia jualan stiker KPop. Canti bilang pertama kali jualan tahun 2012 di acara Korean Culture Day di UI.

Canti
: Aku stiker angkot itu dari tahun 2012. Aku bikin yang aneh-aneh deh, nyeleneh. Lama-lama aku bikin 'kok kayaknya lucu bikin stiker angkot gitu.' Aku inget pernah liat stiker angkot masih ada yang jual di pameran, 'kok gue pengen bikin ya gambarnya artis kpop, kayaknya kocak deh'. Waktu itu aku bikin pertama kali itu EXO,

Host
: Lu semua kan stiker angkot? Stiker warna-warni yang ditempel di kaca belakang mobil angkot, yang tulisannya lucu-lucu misalnya 'naik gratis turun bayar' atau 'cintaku berat di ongkos'. Canti bikin kayak gitu tapi ada foto idol koreanya.

Host
: Kalau Hime sejak 2019 mulai ngerintis lagi bisnis grup order idol Korea? Apa sih itu? Jadi dia buka jasa mesenin barang-barang semacam album dan merchandise resmi si idol, kalau udah sampai Indonesia yang ngirimin ya Hime ini

Hime
: So far aku lagi fokusnya ke Victon ya. Kalau di aku sih rata-rata ofisial album, terus merch-nya mereka. Atau kayak sekarang kan konsernya online ya dan kadang itu ada websitenya yang ribet how to get the ticket online? Jadi aku suka buka jasa, 'Sini aku yang ngurusin, nanti aku transfer won tapi pakenya ID kamu. Jadi kamu tinggal log in terus bisa online'

Host
: Tapi apa sih sebenernya motivasi mereka jualan barang-barang berbau KPop ini?

Canti
: Aku cari duit motivasinya. Karena merch banyak, album banyak. Orang tuaku gak mungkin beliin, orang tuaku bukan tipe yang mau beliin anak-anaknya hal-hal kayak gitu. Jadinya gimana caranya supaya aku bisa dapet duit sendiri. Ya udah aku cari duit, aku bisa gambar aku cari duit di gambar,

Host
: Kalau motivasi Hime awalnya malah mau sharing Express Mail Service atau EMS yaitu jasa pengiriman kalau kita pesan barang dari luar negeri. EMS ini bisa sampe 1 jutaan loh untuk sekali pengiriman. Lumayan berat kalau ditanggung sendiri, tapi kalau jajannya barengan bakal lebih murah

Hime
: Karena kan kitanya sendiri kan pengen jajan ya, tapi kalau kayak beli cuma 1 pcs itu berat di ongkir juga. Terus kita harus mikirin EMS sama tax-nya pas nyampe ke Indonesia. Jadi ya udah sekalian jajan kita dibarengin ditanya 'Ada yang mau gak jajan?' yaudah dari situ kan jadi jualan. Makanya kalau di Twitter aku pake hastag-nya #jajanbarenghime gitu,

Host: Canti sih ngaku kalau awalnya gak percaya stiker angkotnya ini bakal kejual. Tapi ternyata laris manis, dan pembeli pada suka. Untuk kata-katanya dia cari yang lucu-lucu

Canti
: Yang jelas, aku selalu cari kata-kata baru. Awalnya aku memang pakai yang udah ada, lama-lama aku bikin kata-kata baru sendiri 

Canti
: Tulisannya cintaku dianggep dolanan" ya ampun ini cocok buat AU gue. Ada lagi "korban janji". Terus aku bikin Sungchan "satu malam dua janji". Soalnya banyak banget yang bikin AU. Dia tuh jadi cowok kedua karena dia tiba-tiba nongol, semua orang langsung selingkuh gitu ke dia. Jadi aku bikin akhirnya kayak gitu dan semua seneng,

Host
: Karena membutuhkan proses kreatif, Canti ga setiap hari jualan stiker angkot. Dia biasanya pakai sistem prapesan atau preoder. Satu pack dibanderol 20 ribu - 60 ribu tergantung banyaknya isi stiker. Sekali buka preorder bisa sampai ratusan pack loh! Wow!

Canti
: Buka PO itu aku liat dulu demand-nya. Kalau ini demand-nya paling banyak aku bisa buka sampe 200 pack stiker. Kadang-kadang yang minat masih banyak nih biasanya aku baru sediain ready stock seratus kayak gitu. Jadi emang gak aku selalu sediain, jadi kalau habis ya udah abis. Belum tahu lagi kapan karena aku juga pengen bikin gak yang terlalu banyak banget. Dibikin agak eksklusif dikit lah,

Host
: Hime juga pake sistem preorder. Gak ada limitasi untuk jumlah barangnya. Dia kadang dapet pesanan sampe 70 album

Hime
: Jadi aku sebulan itu lagi banyak POnya. Ya jalan aja biasanya mereka request ke aku nanti, ya udah mereka belinya perorangan, kecuali mereka nge-gathering teman-temannya satu fandom, ‘kak aku mau beli sekian belas,’ nanti masuknya ke WH-ku. Aku yang ngurusin transfer won, aku yang ngurusin ke WH, jadi mereka terima beres,

Host
: Mereka sih malu-malu waktu ditanya cuan berapa dari penjualannya. ternyata keuntungannya lumayan besar, misalnya Canti yang bisa dapet IPad baru.

Canti
: Berapa ya? terakhir beli IPad, lumayan deh pokoknya. Aku paling gede-emang ga tentu juga-8 (juta) sekali PO. Ya udah dapet lah tiket pergi ke Korea sekali,

Host
: Jinjja. Bikin ngiri gak sih? Kalau Hime gak kalah keren. Dia sempat nganggur karena kantor tempat dia kerja, kena dampak pandemi Covid-19. Tapi ternyata keuntungan dari jualan album lah yang bikin dia masih bisa survive.

Hime
: Kalau gak salah inget udah sampai 5 juta lebih. Kayak waktu pandemi awal, itu 2020 pas banget tiba-tiba kantorku close karena mulai WFH-yang dia literary nggak akan buka lagi-dan itu kayak pemberitahuannya H-3, sedangkan kita udah mau puasa, udah mau lebaran, THR ga dapet berarti kan. Terakhir terima gaji kan Maret, untungnya tuh barang aku dateng dua boks. Dari 2 boks ini aku bisa ngasih THR ke nyokap, buat aku sendiri. Dan aku bisa ngasih ke krucil-krucil, 'sedikit ya tantenya lagi ga kerja soalnya,' ngebantu aku survive salama pandemi,

Host
: Wahh.. daebak real hebat banget mereka. Eits tapi jangan dikira mereka tidur-tidur aja. Untuk bisa cuan tuh kudu ngerti pasar. Canti sering cari inspirasi pas dia lagi di luar rumah, biar dapet ide-ide baru dan kreatif. Tiap dapet inspirasi, langsung dicatet!

Canti
: Aku yang lama itu ya emang bikin kata-katanya. Jadi biasanya aku catat di handphone. Misalnya di jalan -sering banget tuh- aku lagi di jalan tiba-tiba denger celetukan terus kayak 'eh menarik nih'. Terus aku catet, aku catet, terus aku cocok-cocokin nih sama orangnya. Kalau ada personality-nya mirip sama kata-kata itu,

Host
: Salut sih ke dua orang ini. Asli yorobun.. gue jadi pengen jualan merch kpop juga kalau tau untungnya gede. Setelah jeda kita akan tanya-tanya tantangan mereka selama usaha di KPop.

== BREAK ==


Host:
Masih di Uang Bicara. Uang Bicara adalah podcast dari KBR Prime yang ngajak lo untuk ngebahas segala hal tentang ekonomi dan keuangan. Dan di episode kali ini kita masih ngobrolin KPop bareng dua perempuan keren Canti dan Hime. Kalau di awal kita udah denger motivasi dapet cuan dan apa aja yang mereka dapet.
Sekarang gue pengen tanya apa kesulitan mereka, because having a business in Kpop doesn't mean always walking on a flowery path alias gak mungkin seneng-seneng aja, tapi ada juga kok pengalaman gak enaknya

Canti:
 Pernah nyetak gagal, tapi orangnya gak mau tanggung jawab. Biasanya kita nyetak gagal, paling enggak dapet kompensasi untuk cetak gratis lagi. Tapi ini enggak. Ya udah apa yang ada kita udah bayar gak bisa dibalikin. Atau pernah juga aku nge-hire orang untuk beresin paket-paket aku, terus tiba-tiba dia banyak yang salah masukin paketnya. Jadi lumayan itu paketnya setengah juta kayaknya aku ganti. Ada yang 'Kak, barang aku kurang ini stikernya gak nyampe' kirim lagi pakai ongkos sendiri, itu lumayan juga rugi, 

Host:
Kalau Hime, paketnya pernah nyangkut lama di Incheon alhasil telat sebulan sampe Indonesia

Hime:
 Itu pernah waktu Desember, barangku 2 boks di Incheon dua bulan ga dapet-dapet flight. Dan itu aku udah ketakutan barangnya rusak karena kan di sana lagi winter, dan itu lembab jatuhny. Dan bener aja dong sampe sini agak-agak penyok gitu, terus aku info ke customer. Aku udah open resi dari tanggal segini dan baru dapet flight. Dan di sana winter, jadi lembab, datanya kayak gini. Pas aku kirim aku lebihin satu karena aku tanggung jawab barangnya rusak. Padahal bukan salah aku juga karena kan itu kondisi cuaca dan ekspedisi antrinya lama. Itu sedih banget sih kita sebagai penjual, 

Host:
FYI aja guys, biasanya pengiriman barang dari Korea ke Indonesia memakan waktu 2-4 minggu. Jadi kebayang dong kalau delay 1 bulan baru nerima 2 bulan kemudian. Nah, sebagai penjual ulung, mereka juga punya strategi marketing supaya tetep cuan. Misalnya Canti yang konsisten buka PO stiker

Canti:
 Konsisten aja dan gak menghilang dalam waktu lama. Jadi gak boleh dibiarin kelamaan lah. Dan ngasih inovasi baru aja, sesimple ngasih bonusnya ganti-ganti. Kalau sekarang mungkin kayaknya orang udah agak bosan TTS nanti aku bonusin apa ya yang lucu-lucu, yang lokal-lokal lucu yang bisa dipaduin sama KPop,

Host:
Oki doki.. ternyata salah satu daya tarik orang mau beli itu freebies atau barang gratis yang dikasih sama penjual. Biasanya foto/ karakter idol + permen/ cokelat. Kalau Hime rajin dengerin komen customer

Hime:
 Cari customer dengan promosi yang baik. Bahasa promosi kamu itu bisa jadi menarik perhatian orang. Kalau awal mungkin dibarengin dengan ada freebies. Selanjutnya perlu diinget, customer ini beda-beda. Ada yang udah beli trust aja, ada juga yang bawel nanyanya kritis dan kamu balesin itu gak boleh judes . Sekarang kan sistemnya mau beli skincare harganya 100an 'ih mahal' ya kan? eh grupnya yang disuka, comeback, 300 ribu beli ah. Ah oke album lebih penting daripada muka gitu, anak-anak tuh. Makanya pinter-pinter kita nge-keep customer

Host:
Selain itu ada lagi gak sih?

Hime:
 Safe packing. Kalau KPopers itu jadi concern banget di packing kayak photocard gitu kan sekarang. Aku ga sayang memberikan bubble wrap yang banyak untuk packing. Nggak mungkin kan selembar, takutnya damage pas nyampe di mereka,

Host:
Ngomong-ngomong, kalian tahu gak sih berapa banyak fans KPop sekarang? Menurut kantor berita Yonhap Korea Selatan, tahun 2018 penggemar KPop udah mencapai 90an juta orang di seluruh dunia. Bisa jadi 2021 makin banyak jumlahnya. Indonesia udah pasti masuk yang paling aktif nyumbang penggemar KPop. Setelah beberapa tahun berkecimpung di dunia bisnis KPop, dua perempuan ini ngerasain nih dampak positif dari bertambah banyaknya fans Kpop. Kalau kata Canti, pertambahan fans berpengaruh dengan makin meningkatnya permintaan fanart.

Canti:
 Dulu lebih susah aku nyari. Peminat art lebih banyak sekarang, jadi jual art print lebih banyak peminatnya sekarang. Kalau dari sisi art print yang bener-bener art print, yang dari fan art, lebih banyak sekarang dibanding dulu. Dulu lebih susah,

Host:
Sedangkan Hime ngerasa lebih dimudahkan dalam sistem pembayaran. Soalnya dulu belum memungkinkan untuk melakukan pengecekan otomatis.
Kalau sekarang kan mau beli merch KPop syaratnya punya Paypal jadi sambil goleran juga bisa transfer uang.

Hime:
 Itu tuh zamannya masih transfer uang, Won-nya ke Hana Bank yang ada di Jakarta, pusatnya gitu, karena cuma di Hana Bank bisa transfer uang. Kan 2012 belum ada grup order via Line atau Kakao atau WA. Jadi kita kan buka form jadi mereka bener-bener, isi datanya bener, ga boleh ada yang salah. Karena kan kita ngehubunginnya via email, terus SMS, kayak ngecek bukti pembayaran merek. Karena kan belum banyak yang pakai m-banking ya. Aku juga zamannya masih ke ATM buat bayar,

Host:
Adanya pertambahan fans dan berkembangnya teknologi makin mempermudah fans untuk jajan. Kira-kira gimana ya menurut Canti dan Hime prospek ke depan bisnis di bidang KPop?

Canti:
 Masih bakal gede sih. Demandnya masih gede, tapi untuk beberapa barang kayak merch gak terlalu. Malah aku sekarang ngeliatnya orang yang WTS jual boneka ini itu cepet banget abisnya. Tapi sekarang WTS kertas ganteng itu akan cepet. Bakal tetep tinggi untuk jualan di pasar KPop, itu masih gede. Cuma emang barangnya ga bisa diprediksi, paling jenisnya aja apa yang bakal naik,

Host:
Kertas ganteng alias photocard emang lagi banyak banget diburu, gak salah Hime sampe nyebut koleksi PC ini jadi investasi. Kamu beli sekarang, terus beberapa bulan dijual lagi bakalan masih laku. Serius lho

Hime:
 Mereka beli photocard yang rare. Di-keep sekarang nanti entah bulan depan mereka bakal nanya ke TL, ada yg masih cari ga? Itu harganya sampai 3x lipat. Temenku ada yang nawar PC dia. Itu PC agak langka tahun 2017 sampai 50 dollar untuk pcs hampir sejuta, itu hampir cuan, udah keliatan kan dari situ,

Host:
Selain itu.. bonus-bonus di album bisa dijual juga dan menghasilkan cuan. Wweew

Hime:
 Photocardnya kita jual terpisah ya, albumnya bisa kita keep. Jadi duit lagi kan, kayak misalnya baru buka yang victon voice yang album itu. Satu album 300 ribu isinya ada PC, postcard, photo film, stiker PB dan pembatas buku. Itu PC-nya bisa dijual 80k. Yang PC satu lagi bisa dijual 35k udah 115 dari kamu beli si album. Kalau mereka udah ngeliat doang printilannya dijual lagi,

Host:
Ngeliat potensi cuan yang besar di dunia per-KPop-an khususnya di Indonesia Hime berpikir untuk sekalian aja nyemplung serius

Hime:
 Pengennya kan jadi mata pencaharian utama, karena ya itu fleksibel waktunya. Intinya jangan males, nggak ada yang salah ya, kalau jadi cuan, itu banyak banget manfaatnya. Dari hobi kamu ini, kamu ngehasilin duit yang bisa jajanin kamu di si hobi ini,

Host:
Tapi kalau Canti berpendapat bisnis KPop ini asik buat sampingan aja karena KPop itu ibarat anak bayi, gak bisa ditinggal jadi harus selalu keep up.

Canti:
 Kalau emang mau dijadiin mata pencaharian utama pun kita mesti istilahnya 24 jam untuk ngikutin. Cuma kan kita tahu kalau KPop ini akan ada naik turunnya. Kalau aku pribadi lebih milihnya punya sampingan lain. Jadi selain misalnya lo masih tetep jualan nih, ya jualan yang lain jangan jualan KPop doang,

Host:
Tuh chinggu. Gak salah kalau kita mau cari cuan dari hobi kita, tapi sebelum usaha mesti merhatiin tips-tips berikut ini yaaa.

Canti:
Modal awal itu pede, yakin aja kalau itu bakal laku. Aku pede aja maksudnya kalau aku yakin dengan apa yang aku tawarkan, pasti orang akan datang sendiri. Aku sendiri harus yakin dulu sama barang yang aku jual, harus kenal yang aku jual. Kalau si KPop itu harus diikutin terus, lagi sukanya apa. Misalnya kadang selain berpotensi kita gak laku, bisa juga jadi blunder, misalnya kita jual sesuatu yang berhubungan sama isu sensitif lah atau bawa-bawa sesuatu yang gak disukain sama si fandom itu yang udah jadi hal tabu,'

Hime:
Modal di mana-mana itu penting karena kalau jualan, orang mau usaha itu yang dicari modal. Jualan KPop ini nggak perlu ruko atau bangunan, bisa pakai rumah, yang penting tempatnya itu aman dan sebisa mungkin ga bocor atau gak basah. Karena tahu kan ini rentan, kaya PC, itu segitunya ngehandle dia. Kalau udah punya trust dari customer itu udah enak banget. Buka apapun ntar customer bakal bantu promoin,”

Host:
So Gimana? Bisa jadi referensi lo ya kan untuk buka usaha di tengah pandemi kayak sekarang ? Apalagi lo buka usaha dari sesuatu yang lo suka. Oke.. sampai di sini dulu episode Uang Bicara kali ini, jangan lupa kalau lo semua ada kritik dan masukan jangan pernah ragu untuk email ke podcast@kbrprime.id. See you next week with tons of economics informations with interesting topics. Gue Reski Messanto undur diri, stay safe, stay happy, stay healthy, kamsahamnida..

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement